Pemerintah Dorong Desa Manfaatkan Pengelolaan BUMDes

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengapresiasi tindakan yang telah dilakukan Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta dalam menggunakan Badan
Usaha Milik Desa (BumDes) bersama demi mengembangkan desanya menjadi salah satu desa unggulan Indonesia pada 2016.

“Desa ini mendapat penghargaan saat kemendes kerja sama dengan salah satu media, dan menjadi desa yang inovatif, saya mau lihat dan ternyata memang desa ini sudah lebih berkembang dibanding desa-desa yang lainnya,” ujar Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo kepada liputan6.com saat meninjau Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (20/1/2017).

Eko mengatakan, pihak kemendes akan terus memberikan dukungannya dalam rangka penyempurnaan program lebih lanjut yang sudah disusun dan direncanakan.

“Kita akan kasih afirmasi dan kita sempurnakan sekali sehingga desa ini bisa menjadi percontohan untuk desa-desa lainnya di Indonesia,” tutur Eko.

Dia menuturkan, selama ini Desa Panggungharjo sudah sering mendapat penghargaan di segala bidang untuk lingkup nasional. Oleh karena itu ia berharap ke depan Desa Panggungharjo bisa tetap mempertahankannya dan menjadi lebih baik lagi.

“Desa ini pernah dapat penghargaan dari KPK, Majalah Tempo, dari Kemenkeu juga, jadi saya harap ini menjadi model untuk menyemangati desa-desa yang lainnya,” ujar Eko.

Sekadar informasi, pengelolaan BumDes di Desa Panggungharjo di antaranya meliputi; jasa pengelolaan sampah melalui bumdes, budidaya minyak goreng bekas menjadi solar oil, wisata dolanan anak, penguatan kemandirian desa, gerai produk desa yang sudah dipasarkan lewat situs usahadesa.com, serta penguatan ekonomi perempuan.

Selain itu, Desa Panggungharjo juga terpilih sebagai desa terbaik nasional 2016 bidang pendidikan bersama dengan Desa Blangkrueng, Baitussalam, Nangroe Aceh Darussalam.

Dalam kunjungan tersebut juga turut dihadiri Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kemendes PDTT Johozua M Yoltuwu, Bupati Bantul Suharsono, Camat Sewon Kwintarto dan Kades Panggungharjo Wahyudi.

Sumber : Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *