Gali Potensi Alam Desa Sukanagalih,Cianjur

Desa Sukanagalih perdayakan masyarakat melalui BUMDes. Pasalnya banyak potensi alam yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan nilai ekonomis.

Ketua BUMDes Desa Sukanagalih Abdul Hamid menuturkan, pemerintahan desa harus mengikuti perkembangan, desa harus bisa mandiri melalui Program BUMdes.

“Prinsipnya saya menjual konsep asalkan kita kreatif gunakan lahan yang ada terus kita olah, kalaupun ada dana infrastruktur tidak minta modal membantu menata,” ujarnya.

Menurutnya jika terpelihara dengan bagus nanti bisa jual jasa pariwisata. Pasalnya untuk pemandangan lumayan bagus.

“Program BUMDes ini kami wujudkan dalam bentuk kampung wisata kita perdayakan masyarakat desa, kalau mendirikan kampung wisatakan efek dominonya banyak, nanti kita bisa jual produk-produk masyarakat,” ucapnya.

Abdul Hamid rencanakan tiga unit usaha Desa diantaranya wisata ekologi, wisata pangan produksi dan distribusi. Hamid fokuskan Kampung Cihiyem sebagai wisata pangan, Padarincang sebagai kampung santri dan Cinengah sebagai kampung industri.

“Kenapa saya jadikan Cihiyem sebagai wisata pangan karena Cihiyem daerah pesawahan lebih luas, Padarincang ajaran pesantrennya masih kental, kalau Cinengah karena banyak Arab,” tambahnya.

Hamid akan coba tata lahan irigasi yang ada di Cihiyem luasnya sekitar satu kilo meter untuk permainan anak-anak, petani akan dibina bercocok tanam bagai mana cara menanam yang benar dan diajarkan cara melayani pengunjung dengan baik.

“Saya ajarkan bagaimana membajak sawah dengan kerbau, cara nyangkul dan cara bercocok tanam sambil ditemani petani. Jadi pengunjung bisa mengikuti keseharian petani,” singkatnya.
Untuk pengunjung Hamid telah sediakan pasilitas permainan, penginapan, nasi liwet, dan hiburan. Guna menarik minat para wisatawan. Adapun permainan yang disediakan seperti lori, galah, sondah, gatrik dan main kelereng.

Sumber (radar cianjur/mg1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *